Postingan

Tulisan 1 Pengantar Bisnis Informatika

Pada tulisan pertama mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika (PBI) ini saya akan membuat tulisan mengenai ringkasan Penulisan Ilmiah (PI) yang telah saya buat. Penulisan ilmiah adalah suatu tulisan yang membahas suatu masalah. Penulisan ilmiah juga merupakan uraian atau laporan tentang kegiatan, temuan atau informasi yang berasal dari data primer dan / atau sekunder, serta disajikan untuk tujuan dan sasaran tertentu. Informasi yang berasal dari data primer yaitu didapatkan dan dikumpulkan langsung dan belum diolah dari sumbernya seperti tes, kuisioner, wawancara, pengamatan / observasi. Informasi tersebut dapat juga berasal dari data sekunder yaitu telah dikumpulkan dan diolah oleh orang lain, seperti melalui dokumen (laporan), hasil penalitian, jurnal, majalah maupun buku. Penyusunan penulisan dimaksudkan untuk menyebarkan hasil tulisan dengan tujuan tertentu yang khusus, sehingga dapat dimanfaatkan oleh orang lain yang tidak terlibat dalam kegiatan penulisan tersebut. Judul penul...

Tugas 1 Pengantar Bisnis Informatika

Gambar
1.    Definisi Umum Bisnis, TIK, dan Bisnis Informatika A.    Definisi Bisnis Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business , dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bi...

Rancangan Games Sederhana

Gambar
Game merupakan aplikasi penunjang yang banyak dipakai untuk mengisi waktu luang ataupun untuk mengasah kemampuan otak. Pada tahap awal pembuatan game, pastinya kita membutuhkan suatu rancangan untuk game itu sendiri. Pada game yang akan saya buat ini saya memiliki rancangan seperti berikut Rancangan Game Nama game                 : Kumpulkan Daun (Matches) Software Pendukung   : Strawberry Prolog Bahasa Pemrograman  : Prolog Terdapat 3 window dalam game ini Window1 : Splash Screen Window2 : Tampilan menu yang terdiri dari PLAY, ABOUT, EXIT Window3 : Tampilan utama game Sementara, beberapa scene yang ada pada game ini adalah sebagai berikut: Scene 1 : splash screen Scene 2 : desain antarmuka menu Scene 3 : desain environment pada level1 berupa gameplay permainan Scene 4 : desain antar muka pada level 2 Scene 5 : desain antar muka pada level 3 Scene 6 : desain antarmuka jika pemain menang Scene 7 ...

Games (Definisi, Perkembangan, Jenis-jenis, Software)

PENGERTIAN GAMES Dalam kamus bahasa Indonesia “Game”diartikan sebagai permainan. Permainan merupakan bagian dari bermain dan bermain juga bagian dari permainan keduanya saling berhubungan. Permainan adalah kegiatan yang kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, play dan budaya. Sebuah permainan adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, disini pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan rekayasa atau buatan, dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan. Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Games sebenarnya penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah ke...

Warna dan Karakteristiknya

Ada berbagai macam warna di bumi ini yang mengandung arti yang dalam secara visual dan memberikan efek psikologis kepada si pengguna. Dalam hal ini, sangat penting untuk dimengerti proses melihat warna untuk menghargai bagaimana semestinya warna tersebut ditampilkan. Tiap-tiap warna memliki arti khusus berdasarkan efek psikologis si pemakai warna. Berikut adalah macam macam warna dan pengertiannya : MERAH Melambangkan kesan energi, kekuatan, hasrat, keberanian, simbol dari api, pencapaian tujuan, darah, resiko, ketenaran, cinta, perjuangan, perhatian, perang, bahayam kecepatan, panasm kekerasan. Warna ini dapat menyampaikan kecenderungan untuk menampilkan gambar dan teks secara lebih besar dan dekat. Earnam merah dapat mengganggu apabila digunakan pada ukuran yang besar, merah cocok untuk tema yng menunjukkan keberanian seseorang. Energi missal mobil, kendaraan bermotot, olahraga dan permainan. PUTIH Menunjukkan kedamaian, permohonan maaf, pencapaian diri, spritualitas, k...

Analisa Jurnal Desain Pemodelan Grafik

Pengertian Desain dan Pemodelan Grafik  - Desain Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. - Pemodelan Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis. Maka pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D. - Grafik (Grafis) Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu p...