Pengalaman Berbelanja melalui Website E-commerce



Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, semakin banyak kegiatan yang dapat kita lakukan dengan memanfaatkan teknologi tersebut. Dalam perkembangannya, kegiatan transaksi jual beli pada dunia maya menjadi sangat pesat. Transaksi bisnis pembelian dan penjualan produk apapun dapat kita temukan pada website-website e-commerce. Definisi E-Commerce sendiri menurut Laudon & Laudon (1998) adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis. E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping.
 Manfaat dari digunakannya E-Commerce ini adalah dapat menekan biaya barang dan jasa, serta dapat meningkatkan kepuasan konsumen sepanjang yang menyangkut kecepatan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan kualitas yang terbaik sesuai dengan harganya. Order cycle sebuah bisnis yang tadinya memakan waktu 30 hari, waktunya bisa dipercepat yakni bisa 5 hari saja. Proses yang cepat tentunya akan menigkatkan pendapatan. Berbelanja atau melakukan transaksi perdagangan melalui internet sangat berbeda dengan berbelanja atau melakukan transaksi perdagangan di dunia nyata. Dengan E-Commerce memungkinkan kita bertransaksi dengan cepat dan biaya yang murah tanpa melalui proses yang berbelit-belit, di mana pihak pembeli (buyer) cukup mengakses internet ke website perusahaan yang mengiklankan produknya di internet, yang kemudian pihak pembeli (buyer) cukup mempelajari term of condition (ketentuan-ketentuan yang diisyaratkan) pihak penjual.
Mulai dari produk pakaian, kosmetik, barang-barang elektronik, peralatan rumah tangga, dan penjualan produk-produk lainnya dapat dengan mudah kita temukan pada online shop pada zaman sekarang ini. Hal ini bisa memberikan dampak positif sekaligus dampak negatif pada pelaku transaksinya sendiri, terutama si pembeli. Beberapa pengalaman saya dalam membeli produk pada toko online memberikan saya pelajaran dan lebih berhati-hati dalam memilih toko online yang terpercaya dan memiliki kualitas produk yang bagus.
Pertama kali saya membeli produk secara online kurang lebih  5 tahun yang lalu ketika saya masih duduk di  bangku SMA. Ketika itu, saya ingin membeli cardigan/sweater namun saya belum sempat ke toko baju. Berhubung saat itu saya juga cukup malas pergi jauh-jauh ke toko pakaian hanya untuk membeli sebuah cardigan, iseng-iseng deh saya coba mencari website/toko pakaian online. Lalu saya menemukan sebuah website e-commerce yang menjual cardigan dan sweater. Dari tampilannya, website tersebut memiliki tata letak yang baik dan cukup menarik. Hingga saya tertarik untuk melihat produk pakaian-pakaian yang ada disana. Berbagai macam produk pakaian di jual pada website itu. Semua keterangan dan gambar dari produk disana sangat meyakinkan. Hingga saya menaksir salah satu cardigan berwarna tosca yang dari foto pada website tersebut nampak sangat bagus. Entah, pada waktu itu saya tidak berpikir panjang dan langsung memutuskan untuk membeli cardi tersebut.
Transaksi jual-beli pun saya lakukan dengan admin website tersebut. Memang, dalam transaksi online ini saya merasa dimudahkan. Cara pembayarannya hanya dengan men-transfer biaya harga cardi tersebut + ongkos kirim ke rekening si penjual, lalu barang yang saya pesan akan dikirimkan melalui pos (biasanya dengan JNE). Saya tidak perlu repot-repot pergi ke pasar/toko pakaian hanya untuk mencari sebuah cardi/sweater. Tak lama (kira-kira 4 hari kemudian) barang pun sampai. Saya sangat antusias membuka paket pesanan saya itu hingga saya pun langsung membukanya. Dan ketika cardi sudah ditangan... perasaan kecewa pun datang. Ternyata barang pesanan saya itu tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bahannya sangat tipis dan mudah melar, selain itu ukurannya pun kecil. Hingga tidak telihat seperti sebuah cardi melainkan baju junkies! Jika saya pakai, cardi tersebut nampak sangat ketat hingga saya tidak pernah menggunakannya. Rasanya menyesal telah membelinya. Semua keterangan bahan dan foto pada website tersebut terasa amat berbeda dari kenyataan.
Setelah kejadian itu saya lebih berhati-hati dalam membeli produk secara online. Memang pada awalnya terasa sedikit trauma membeli produk online, karena itu pernah membuat saya rugi. Namun pada akhirnya saya mengambil pengalaman saya tersebut sebagai sebuah pelajaran. Saya lebih memilih website yang sudah dipercaya dengan berbagai testimoni dari orang-orang yang pernah membeli produk disana. Hingga sampai saat ini saya cukup sering membeli produk secara online dengan kualitas produk yang baik.
Mudah-mudahan kita semua dapat lebih teliti dan berhati-hati lagi dalam berbelanja melalui online shop sehingga tidak ada penyesalan nantinya! :)





Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Film Freaky Friday

Makalah Aspek Keuangan: Komponen Biaya/ Anggaran