Review Aplikasi JellyCam

Pada kali ini saya akan me-review sebuah aplikasi unik untuk membuat video yang berupa stop motion yang mana merupakan hobi saya. Ketika duduk di bangku SMA, saya senang mengedit foto dan juga membuat video. Pada saat itu saya sedang gemar-gemarnya mencari aplikasi edit foto maupun video, maka saat itulah saya menemukan beberapa aplikasi seperti Photoscape, Adobe photoshop, Movie maker, dan Pinnacle. Nah, ternyata hobi saya ini masih berlanjut hingga sekarang saya duduk di bangku kuliah semester 3, walaupun tidak sesering dulu.

Lalu di bangku kuliah ini saya bertemu dengan beberapa teman yang juga mempunyai hobi yang sama dengan saya. Salah satu dari teman saya pun ada yang merekomendasikan aplikasi Jellycam, yaitu sebuah aplikasi/software gratis yang unik untuk membuat stop motion. Konsep dari aplikasi ini tentu menggunakan konsep stop motion dimana dalam membuat video kita menggunakan serangkaian gambar atau foto. Kemudian, saya dan teman saya pun tertarik untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam mengeksplorasi hobi kami yang sama ini. Dengan JellyCam, kita bisa mengambil serangkaian gambar dengan Web cam, atau meng-upload serangkaian gambar dari komputer dan membuat video stop motion hanya dalam beberapa menit. Dalam hal ini aplikasi adobe air diperlukan terlebih dahulu agar dapat menginstall aplikasi tersebut. Jika AdobeAir belum diinstall, maka Jellycam tidak dapat dijalankan.


Adapun langkah-langkah mudah untuk membuat gambar animasi adalah sebagai berikut:

2.  Download dan install AdobeAIR seperti biasa
3.  Setelah selesai dengan AdobeAIR, arahkan browser ke situs http://www.jellycam.co.uk/. Pilih dan klik gambar install untuk menginstallnya.
4.  Jalankan programnya, dan siapkan Webcam dengan gambar yang ingin di ambil.

5.  Klik tombol Start untuk memulai pengambilan Frame yang pertama. Akan ada hitungan detik dalam pengambilan gambar, pastikan pada hitungan ke 3 anda sudah mulai mempersiapkan objek nya.

6.   Anda dapat mengimport foto dari file anda ataupun foto langsung dari webcam anda.
7.   Untuk mencoba hasil dari (View) pekerjaan anda, cobalah klik tombol Play di sebelah kanan atas.

8.   Kalau anda merasa pekerjaan anda sudah bagus dan layak untuk dipublikasikan, simpan file-nya denhan cara klik menu Create Video File. Beri nama filenya kemudian > Create File.

9.   Kalau mau, anda juga bisa langsung meng-upload nya ke dalam Youtube. Caranya setelah proses Create Video berjalan selesai, akan keluar pilihan Youtube. Klik saja Tombol Youtube-nya, untuk langsung memulai Upload.

10 . Selesai sudah praktek kali ini. Untuk melihatnya dalam format video anda bisa menggunakan
FLV player.

Stop Motion versi JellyCam ini adalah alternatif bagi anda yang ingin berkreasi dan mencoba software-software baru. Hal yang sama juga bisa kita buat melalui program khusus bawaan Microsoft Windows seperti Windows Movie Maker. Sayangnya, sejak edisi Windows 7, Movie Maker hanya tersedia dalam versi yang berbeda yaitu Windows Live Essentials. JellyCam ini bisa digunakan sebagai alternatif pengganti Movie Maker yang sudah tidak tersedia pada paket default Windows 7.



Nama Anggota Kelompok :
Karina Rahma A (54413772)
Hilaria Devita (54413117)
Tri Erika Lestari (58413953)





Referensi/informasi mengenai jellycam juga saya peroleh dari :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Berbelanja melalui Website E-commerce

Resensi Film Freaky Friday

Makalah Aspek Keuangan: Komponen Biaya/ Anggaran