Dampak E-commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara
Hallo semua!:)
Kali ini saya masih akan membahas hal yang berkaitan dengan e-commerce.
Sebelumnya saya telah menulis perkembangan e-commerce mulai dari pengertian
serta pengalaman saya yang berkenaan dengan kegiatan ini. Nah, sekarang saya
akan memaparkan beberapa dampak e-commerce terhadap individu, masyarakat, dan
Negara. Apa saja sih dampak-dampak yang bisa ditimbulkan dari kegiatan
e-commerce? Yuk, kita lihat pemaparan dari beberapa sumber di bawah ini.
1. Dampak E-commerce Terhadap Individu
Dampak Positif :
1. Memungkinkan seseorang untuk
berbelanja atau melakukan transaksi 24 jam. Bagi seseorang yang tidak mempunyai
waktu atau terlalu sibuk bekerja, tentunya berbelanja online adalah hal yang
sangat tepat.
2. Dapat memilih produk yang tepat
dari berbagai penjual. Kita dapat memilih produk keinginan kita yang sesuai
baik itu dari segi kualitas maupun harganya.
3. Kita dapat dengan mudah
berbelanja kemanapun, baik itu luar kota maupun luar negeri hanya dengan
menggunakan koneksi internet.
Dampak Negatif :
1. Perlunya keahlian komputer.
Keahlian komputer menjadi hal yang sangat penting jiks ingin menggunakan
e-commerce terutama pengetahuan tentang internet dan web.
2. Menjadikan seseorang konsumtif,
karena proses yang gampang dan cepat, tidak jarang orang menjadi ketagihan
untuk berbelanja online.
3. Resiko bocornya privasi dan data
pribadi. Segala hal terjadi saat mengakses internet, termasuk resiko bocornya
data pribadi oleh orang-orang yang ingin berbuat jahat.
4. Memerlukan biaya tambahan untuk mengakses
internet. Karena dibutuhkan internet untuk mengakses e-commerce, maka dari itu
seseorang harus membeli paket internet terlebih dahulu.
5.
Berkurangnya waktu untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain. Akibat
dari transaksi e-commerce yang berlangsung secara online telah mengurangi waktu
konsumen untuk dapat melakukan proses sosial dengan orang lain. Hal ini tidak
baik karena bisa mengurangi rasa kepedulian terhadap lingkungan
sekitarnya.
6.
Berkurangnya rasa kepercayaan karena konsumen berinteraksi hanya dengan
computer. Konsumen akan mengalami mulai kehilangan kepercayaan ketika
berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya.
2. Dampak E-commerce terhadap Masyarakat
Dampak positif
1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang
mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi
tradisional.
2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
3. Menurunkan biaya operasional(operating cost).
4. Melebarkan jangkauan (global reach).
5. Meningkatkan customer loyality.
6. Meningkatkan supplier management.
7. Memperpendek waktu produksi.
8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
9. Meningkatkan
daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan
baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan
perdagangan khususnya usaha kecil menengah.
Secara umum,
implementasi e-commerce dalam bisnis dapat meningkatkan kualitas dari
produk/service serta menurunkan biaya produksi yang akhirnya akan menurunkan
harga penjualan. Ketika konsumen dapat memilih produk/service yang terbaik
baginya, produsen terus semakin berlomba meningkatkan kualitas dari
produk/service yang ada dan terus mencari ide-ide baru yang disukai pasar serta
berusaha mengurangi biaya produksi agar tetap mendapatkan harga produk/service
yang terjangkau. Jika siklus ini berjalan dengan baik, tingkat produksi dan
kualitas akan terus meningkat, ragam dari produk/service akan semakin banyak
dan harga akan semakin terjangkau. Selain itu semakin menumbuhkan kreatifitas dan
keberanian bagi pemula bisnis untuk memulai usahanya karena setiap orang dapat
memulai bisnisnya walau sekecil apapun dan sebegitu spesial produk/service yang
dihasilkan.
Dampak Negatif
1. Kehilangan segi finansial secara langsung karena
kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening
lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
2. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan
yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak
yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan
pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik
tiba-tiba padam.
4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak
berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan.
Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya
sendiri.
5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini
karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh
pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
6. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh
gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang
tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan
sistem elektronik.
3. Dampak E-Commerce Terhadap Negara
Dampak positif E-commerce
bagi negara, diantaranya:
1. Menambah sumber devisa suatu
negara, dengan menjual produk keluar negeri tentunya mendapatkan income bagi
negara tersebut
2. Pengangguran akan berkurang,
lapangan pekerjaan akan bertambah. Hal tersebut menguntungkan suatu negara
untuk menjadi negara yang lebih baik.
3. Memperat kerja sama antar negara
dalam bidang bisnis.
Dampak negatif E-commerce
bagi negara, diantaranya:
1. Karena mendapatkan lebih banyak
keuntungan untuk menjual produk keluar negeri, banyak penjual lebih memilih
untuk menjual produknya keluar negeri, hal tersebut tentunya merugikan negara.
2. Karena jual beli dilakukan secara
lintas negara, tentu saja sulit untuk memastikan keamanan dalam setiap
transaksi.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar