Dampak E-commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara


Hallo semua!:) Kali ini saya masih akan membahas hal yang berkaitan dengan e-commerce. Sebelumnya saya telah menulis perkembangan e-commerce mulai dari pengertian serta pengalaman saya yang berkenaan dengan kegiatan ini. Nah, sekarang saya akan memaparkan beberapa dampak e-commerce terhadap individu, masyarakat, dan Negara. Apa saja sih dampak-dampak yang bisa ditimbulkan dari kegiatan e-commerce? Yuk, kita lihat pemaparan dari beberapa sumber di bawah ini.

1. Dampak E-commerce Terhadap Individu
Dampak Positif :
1. Memungkinkan seseorang untuk berbelanja atau melakukan transaksi 24 jam. Bagi seseorang yang tidak mempunyai waktu atau terlalu sibuk bekerja, tentunya berbelanja online adalah hal yang sangat tepat.
2. Dapat memilih produk yang tepat dari berbagai penjual. Kita dapat memilih produk keinginan kita yang sesuai baik itu dari segi kualitas maupun harganya.
3. Kita dapat dengan mudah berbelanja kemanapun, baik itu luar kota maupun luar negeri hanya dengan menggunakan koneksi internet.

Dampak Negatif :

1. Perlunya keahlian komputer. Keahlian komputer menjadi hal yang sangat penting jiks ingin menggunakan e-commerce terutama pengetahuan tentang internet dan web.
2. Menjadikan seseorang konsumtif, karena proses yang gampang dan cepat, tidak jarang orang menjadi ketagihan untuk berbelanja online.
3. Resiko bocornya privasi dan data pribadi. Segala hal terjadi saat mengakses internet, termasuk resiko bocornya data pribadi oleh orang-orang yang ingin berbuat jahat.
4. Memerlukan biaya tambahan untuk mengakses internet. Karena dibutuhkan internet untuk mengakses e-commerce, maka dari itu seseorang harus membeli paket internet terlebih dahulu.
5. Berkurangnya waktu untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain. Akibat dari transaksi e-commerce yang berlangsung secara online telah mengurangi waktu konsumen untuk dapat melakukan proses sosial dengan orang lain. Hal ini tidak baik karena bisa  mengurangi rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya.
6. Berkurangnya rasa kepercayaan karena konsumen berinteraksi hanya dengan computer. Konsumen akan mengalami mulai kehilangan kepercayaan ketika berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya.

                                                                   
2. Dampak E-commerce terhadap Masyarakat
Dampak positif

1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
3. Menurunkan biaya operasional(operating cost).
4. Melebarkan jangkauan (global reach).
5. Meningkatkan customer loyality.
6. Meningkatkan supplier management.
7. Memperpendek waktu produksi.
8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
9. Meningkatkan daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah.
Secara umum, implementasi e-commerce dalam bisnis dapat meningkatkan kualitas dari produk/service serta menurunkan biaya produksi yang akhirnya akan menurunkan harga penjualan. Ketika konsumen dapat memilih produk/service yang terbaik baginya, produsen terus semakin berlomba meningkatkan kualitas dari produk/service yang ada dan terus mencari ide-ide baru yang disukai pasar serta berusaha mengurangi biaya produksi agar tetap mendapatkan harga produk/service yang terjangkau. Jika siklus ini berjalan dengan baik, tingkat produksi dan kualitas akan terus meningkat, ragam dari produk/service akan semakin banyak dan harga akan semakin terjangkau. Selain itu semakin menumbuhkan kreatifitas dan keberanian bagi pemula bisnis untuk memulai usahanya karena setiap orang dapat memulai bisnisnya walau sekecil apapun dan sebegitu spesial produk/service yang dihasilkan.

Dampak Negatif

1. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
2. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
6. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

3. Dampak E-Commerce Terhadap Negara
Dampak positif E-commerce bagi negara, diantaranya:

1. Menambah sumber devisa suatu negara, dengan menjual produk keluar negeri tentunya mendapatkan income bagi negara tersebut
2. Pengangguran akan berkurang, lapangan pekerjaan akan bertambah. Hal tersebut menguntungkan suatu negara untuk menjadi negara yang lebih baik.
3. Memperat kerja sama antar negara dalam bidang bisnis.

Dampak negatif E-commerce bagi negara, diantaranya:

1. Karena mendapatkan lebih banyak keuntungan untuk menjual produk keluar negeri, banyak penjual lebih memilih untuk menjual produknya keluar negeri, hal tersebut tentunya merugikan negara.
2. Karena jual beli dilakukan secara lintas negara, tentu saja sulit untuk memastikan keamanan dalam setiap transaksi.



Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Berbelanja melalui Website E-commerce

Resensi Film Freaky Friday

Makalah Aspek Keuangan: Komponen Biaya/ Anggaran