Analisa Jurnal Desain Pemodelan Grafik
Pengertian Desain dan Pemodelan Grafik
- Desain
Desain biasa
diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif
lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan, baik
sebagai kata benda maupun kata kerja.
- Pemodelan
Model adalah
rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem,
atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya
dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar
rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis. Maka pemodelan adalah tahap
dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah
menjadi nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D
maupun 3D.
- Grafik (Grafis)
- Grafik (Grafis)
Grafik atau
Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik
merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses
pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan
serta manipulasi model dan citra.
Jadi Desain dan Pemodelan Grafik adalah suatu proses menciptakan
objek berupa citra (gambar rancangan, citra komputer) yang dibuat untuk
informasi, ilustrasi, atau hiburan yang dibuat melalui aplikasi komputer.
Prinsip dan Unsur Desain Grafik
Prinsip Desain Grafik
- Keseimbangan
Keseimbangan
sama dengan dua buah benda yang sama berat/bobotnya. Dalam hubungan dengan
grafis, kita membicarakan tentang bobot visual. Setiap elemen pada sebuah
visual memiliki bobot yang telah ditentukan oleh ukuran gelap atau terang serta
tebal atau tipis sebuah garis. Ada dua pendekatan dasar untuk menyeimbangkan.
Yang pertama adalah keseimbangan simetris yang merupakan susunan dari elemen
agar merata ke kiri dan ke kanan dari pusat/tengah. Yang kedua adalah
keseimbangan asimetris yang merupakan pengaturan yang berbeda agar dua sisi
memiliki bobot visual yang sama. Warna, nilai, ukuran, bentuk, dan tekstur
dapat digunakan sebagai unsur penyeimbang.
- Ritme
Ritme atau
irama adalah pola yang dibuat oleh elemen-elemen secara berulang dan
bervariasi. Pengulangan (mengulangi unsur serupa secara yang konsisten) dan
variasi (perubahan dalam bentuk, ukuran, posisi atau elemen) adalah kunci untuk
ritme visual.
- Penekanan
Penekanan
dilakukan pada apa yang menonjol atau yang akan terlihat pertama kali. Sebuah
layout membutuhkan titik fokus untuk menarik mata pembaca ke bagian yang
dianggap penting. Terlalu banyak titik fokus akan mengalahkan apa yang ingin
diungkapkan. Umumnya, titik fokus akan muncul ketika sebuah elemen nampak
berbeda dari yang lain.
- Kesatuan
Pembaca perlu
isyarat visual agar membiarkan mereka tahu masing-masing bagian satu unit-teks,
judul, foto, gambar grafis, dan keterangan lain. Disini dibutuhkan penyatuan
semua elemen agar terlihat serasi. Menyatukan elemen dengan mengelompokkan
elemen-elemen tersebut.
Unsur Desain Grafik
- Garis (Line)
Sebuah garis
adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin
yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus
(straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi
desain.
- Bentuk (Shape)
Bentuk adalah
segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal
orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).
Pada desain komunikasi visual kita akan mempelajari betuk dasar dan bentuk
turunan. Sementara pada kategori sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi
tiga, yaitu:
a. Huruf (Character) adalah suatu hal yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dan seterusnya.
b. Simbol
(Symbol) adalah suatu hal yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang
mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai
simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya
gambar orang, bintang, matahari dalam bentuk sederhana (simbol), bukan dalam
bentuk nyata (dengan detail).
c. Bentuk Nyata (Form) adalah bentuk yang mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau benda lainnya.
- Tekstur (Texture)
Tekstur
adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan
cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan
sebagai corakdari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit
kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.
- Ruang (Space)
Ruang
merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain
dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain
grafis. Sebagai contoh, tanpa ruang Anda tidak akan tahu mana kata dan mana
kalimat atau paragraf. Tanpa ruang Anda tidak tahu mana yang harus dilihat
terlebih dahulu, kapan harus membaca dan kapan harus berhenti sebentar. Dalam
bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu
obyek (figure) dan latar belakang (background).
- Ukuran (Size)
Ukuran adalah
unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan
menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis)
pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau
dibaca terlebih dahulu.
Dalam prakteknya warna dibedakan menjadi dua: yaitu warna yang ditimbulkan karena sinar (Additive color/RGB) yang biasanya digunakan pada warna lampu, monitor, TV dan sebagainya, dan warna yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat (Substractive color/CMYK) yang biasanya digunakan dalam proses pencetakan gambar ke permukaan benda padat seperti kertas, logam, kain atau plastik. Dengan menggunakan unsur-unsur desain tersebut, Anda akan membuat bentuk desain yang diinginkan. Tentunya supaya desain Anda dapat dilihat bagus (sesuai maksud dan tujuan Anda membuatnya), maka Anda harus mengenal unsur-unsur di atas secara baik.
Perbedaan grafis secara
umum
Grafis
berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses
atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang.
Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak
mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara
kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran
khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini,
sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna
dalam bidang gambar.
Secara
umum desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan
gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain
grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain
komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat
merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan
(rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni
disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di
dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku,
majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman,
desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut
sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah
berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa
diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Unsur
dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya.
Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan
warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut,
seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi
(proportion) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural
komposisi yang lebih luas. Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah
ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau
ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau
dinyatakan dalam bentuk visual.
Perancang
Grafis bertugas untuk menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh produk
/ klien dalam bentuk desain yang menarik. Seorang Desainer harus memiliki
minimal 7 ( tujuh ) Dimensi Keilmuan yaitu :
Wawasan
Teknologi
Wawasan
Sains
Wawasan
Seni
Wawasan
Sosial Dan Budaya
Wawasan
Filsafat Dan Etika
Point
satu sampai lima digunakan untuk mengetahui cakupan hasil karya yang dituju
sesuai dengan target tertentu.
Kemampuan
olah nirmana
Dipakai
untuk membuat hasil karya grafis yang menarik sekaligus mempunyai fungsi dan
manfaat yang sesuai.
Software
Desain Grafis
Digunakan
untuk menerapkan kreasi ide grafis pada media elektronik sehingga dapat dibuat
massal atau untuk kebutuhan krusial lainnya (artikel lengkap ada dikemampuan
wajib desainer grafis).
ANALISA JURNAL
Setelah
saya jelaskan mengenai pengertian, prinsip dan unsur serta perbedaan desain
grafis secara umum, maka saya akan menyampaikan
hasil analisa saya terhadap dua buah urnal
yang berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik seperti berikut:
Judul Jurnal : RANCANG BANGUN
APLIKASI 3D PADA PENGENALAN TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY
Rangkuman:
Jurnal ini bukan mengenai
Augmented Reality, tetapi lebih kepada pemodelan objeknya yaitu tata surya
dengan menggunakan 3DS Max.
Augmented Reality merupakan salah
satu cara untuk mem-virtualkan dunia grafik kedalam dunia nyata dengan cara
membuat sebuah objek. Banyak software yang dapat digunakan untuk membuat objek
3 dimensi, misalkan Blender, 3DS Max, Openspace 3D atau beberapa lainnya.
Jurnal ini akan menjelaskan
spesifikasi dan apa saja yang digunaka baik software maupun hardware. Misalkan
dibutuhkan sebuah webcam untuk mendeteksi Marker sehingga akan dihasilkan objek
sesuai yang telah dibuat.
Kelebihan:
Jurnal ini menjelaskan cukup
baik, karena juga telah menambahkan gambar pada tutorialnya sehingga lebih
memudahkan bagi para pembaca untuk mengikuti.
Kekurangan:
Mungkin kekurangannya hanya untuk
beberapa contoh yang perlu ditambahkan sehingga pembaca akan lebih paham.
Kesimpulan:
Pemodelan grafik sangat
dibutuhkan dan pasti banyak digunakan, misalkan pada media iklan, film kartun /
animasi dan masih banyak lagi.
Judul Jurnal : DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Rangkuman:
Desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik
komputer. Pemodelan adalah proses membentuk suatu obyek. Membuat dan mendesain
obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan
basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Blender
itu sendiri adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan
popular di kalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3
dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan.
Belnder itu sendiri tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti: Microsoft
Windows, Mac OS X, Linux, IRIX.
Kelebihan:
Kelebihan dari jurnal diatas adalah suatu bentuk
komunikasi visual yang dapat menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi
atau pesan seefektif mungkin. salah satunya adalah dengan menggunakan teks.
Kekurangan:
kekurangannya adalah Kelemahan Grafis bitmap, adalah
objek gambar tersebut memilik permasalahan ketika diubah ukurannya,khususnya
ketika objek gambarnya diperbesar, sehingga menghasil objek gambar yang kurang
bagus.
Kesimpulan:
Jadi, pada desain grafik ini dapat menggunakan aplikasi
blender dan blender itu sendiri memiliki game engine yang menggunakan python.
Komentar
Posting Komentar