Tulisan 1 Pengantar Bisnis Informatika
Pada
tulisan pertama mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika (PBI) ini saya akan
membuat tulisan mengenai ringkasan Penulisan Ilmiah (PI) yang telah saya buat. Penulisan ilmiah adalah suatu tulisan yang membahas
suatu masalah. Penulisan ilmiah juga merupakan uraian atau laporan tentang
kegiatan, temuan atau informasi yang berasal dari data primer dan / atau
sekunder, serta disajikan untuk tujuan dan sasaran tertentu. Informasi yang
berasal dari data primer yaitu didapatkan dan dikumpulkan langsung dan belum
diolah dari sumbernya seperti tes, kuisioner, wawancara, pengamatan /
observasi. Informasi tersebut dapat juga berasal dari data sekunder yaitu telah
dikumpulkan dan diolah oleh orang lain, seperti melalui dokumen (laporan),
hasil penalitian, jurnal, majalah maupun buku. Penyusunan penulisan dimaksudkan
untuk menyebarkan hasil tulisan dengan tujuan tertentu yang khusus, sehingga
dapat dimanfaatkan oleh orang lain yang tidak terlibat dalam kegiatan penulisan
tersebut.
Judul penulisan yang saya
buat adalah Aplikasi Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Menggunakan Teknologi
Augmented Reality Berbasis Android. Seiring dengan adanya teknologi yang
semakin berkembang pesat maka tercipta sebuah teknologi yang disebut Augmented
Reality. Augmented Reality (AR)
adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi (2D)
ataupun tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu
memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Implementasi AR
banyak digunakan dalam industri game,
namun dapat dilihat bahwa penerapan AR untuk bidang pendidikan masih sedikit.
Media pembelajaran yang digunakan biasanya masih menggunakan buku atau internet
yang hanya menampilkan gambar dua dimensi (2D) saja. Jika hanya menggunakan
metode belajar tersebut bukannya tidak mungkin para siswa akan merasa bosan,
karena media gambar yang digunakan kurang terlihat nyata dan kurang menarik
bagi siswa. Padahal, tidak sedikit pelajaran yang membutuhkan media gambar
untuk belajar seperti biologi, fisika, dan geografi. Salah satu materi
pembelajaran yang penting dan membutuhkan suatu gambaran nyata adalah mengenai
organ tubuh manusia.
Berdasarkan hal di atas,
saya tertarik untuk membuat aplikasi pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality. Dengan menerapkan
teknologi ini, siswa diharapkan dapat memperoleh informasi mengenai organ tubuh
manusia secara lebih menarik. Dalam pembuatan aplikasi augmented reality ini saya membuat lima objek organ tubuh manusia
yang terdiri dari ginjal, hati, jantung, lambung, dan paru-paru.
Aplikasi ini akan
menampilkan gambar kelima organ tersebut dalam bentuk objek 3 dimensi beserta
informasinya yang berupa suara dan teks. Pemvisualisasian aplikasi AR ini
ditampilkan pada smartphone Android.
Tidak hanya untuk meningkatkan ketertarikan dan minat belajar siswa, aplikasi
ini juga diharapkan mampu memberikan informasi dan gambaran yang lebih nyata kepada
siswa dalam memahami struktur organ tubuh.
Dalam membuat aplikasi ini saya melakukan 5 tahap yang
diawali dengan tahap pengumpulan data melalui internet, jurnal, dan buku. Langkah
kedua, memilih software dan hardware yang akan digunakan seperti Unity 5.3.4, Vuforia Unity Android ios
4.0.103, Android SDK dan
Blender 2.71. Sementara, untuk perangkat keras digunakan laptop dengan
spesifikasi Processor Intel(R) Core(TM) i3-3217U CPU @ 1.80GHz, Memori RAM 4096
MB. Langkah ketiga saya merancang aplikasi menggunakan struktur navigasi dan
diagram UML, langkah keempat adalah modelling objek menggunakan Blender dan
dilanjutkan dengan pembuatan aplikasi menggunakan Unity. Langkah terakhir melakukan
uji coba aplikasi pada beberapa smartphone Android.
Agar aplikasi pembelajaran mengenai organ tubuh yang
telah saya buat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya pelajar saya
akan mempromosikannya melalui jejaring sosial, blog, ataupun website. Selain
itu saya juga akan mensosialisasikan aplikasi ini pada forum yang diikuti
sejumlah besar para pelajar. Setelah itu dilakukan pengelolaan berkala sehingga
konsumen/pengguna akan senang dengan update terbaru yang diberikan. Hal tersebut
diharapkan semakin meningkatkan minat para pelajar untuk menggunakan aplikasi
pembelajaran ini.
Komentar
Posting Komentar