Tulisan 1 Pengantar Bisnis Informatika

Pada tulisan pertama mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika (PBI) ini saya akan membuat tulisan mengenai ringkasan Penulisan Ilmiah (PI) yang telah saya buat. Penulisan ilmiah adalah suatu tulisan yang membahas suatu masalah. Penulisan ilmiah juga merupakan uraian atau laporan tentang kegiatan, temuan atau informasi yang berasal dari data primer dan / atau sekunder, serta disajikan untuk tujuan dan sasaran tertentu. Informasi yang berasal dari data primer yaitu didapatkan dan dikumpulkan langsung dan belum diolah dari sumbernya seperti tes, kuisioner, wawancara, pengamatan / observasi. Informasi tersebut dapat juga berasal dari data sekunder yaitu telah dikumpulkan dan diolah oleh orang lain, seperti melalui dokumen (laporan), hasil penalitian, jurnal, majalah maupun buku. Penyusunan penulisan dimaksudkan untuk menyebarkan hasil tulisan dengan tujuan tertentu yang khusus, sehingga dapat dimanfaatkan oleh orang lain yang tidak terlibat dalam kegiatan penulisan tersebut.
Judul penulisan yang saya buat adalah Aplikasi Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Seiring dengan adanya teknologi yang semakin berkembang pesat maka tercipta sebuah teknologi yang disebut Augmented Reality. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi (2D) ataupun tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Implementasi AR banyak digunakan dalam industri game, namun dapat dilihat bahwa penerapan AR untuk bidang pendidikan masih sedikit. Media pembelajaran yang digunakan biasanya masih menggunakan buku atau internet yang hanya menampilkan gambar dua dimensi (2D) saja. Jika hanya menggunakan metode belajar tersebut bukannya tidak mungkin para siswa akan merasa bosan, karena media gambar yang digunakan kurang terlihat nyata dan kurang menarik bagi siswa. Padahal, tidak sedikit pelajaran yang membutuhkan media gambar untuk belajar seperti biologi, fisika, dan geografi. Salah satu materi pembelajaran yang penting dan membutuhkan suatu gambaran nyata adalah mengenai organ tubuh manusia.
Berdasarkan hal di atas, saya tertarik untuk membuat aplikasi pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality. Dengan menerapkan teknologi ini, siswa diharapkan dapat memperoleh informasi mengenai organ tubuh manusia secara lebih menarik. Dalam pembuatan aplikasi augmented reality ini saya membuat lima objek organ tubuh manusia yang terdiri dari ginjal, hati, jantung, lambung, dan paru-paru.
Aplikasi ini akan menampilkan gambar kelima organ tersebut dalam bentuk objek 3 dimensi beserta informasinya yang berupa suara dan teks. Pemvisualisasian aplikasi AR ini ditampilkan pada smartphone Android. Tidak hanya untuk meningkatkan ketertarikan dan minat belajar siswa, aplikasi ini juga diharapkan mampu memberikan informasi dan gambaran yang lebih nyata kepada siswa dalam memahami struktur organ tubuh.
Dalam membuat aplikasi ini saya melakukan 5 tahap yang diawali dengan tahap pengumpulan data melalui internet, jurnal, dan buku. Langkah kedua, memilih software dan hardware yang akan digunakan seperti Unity 5.3.4, Vuforia Unity Android ios 4.0.103, Android SDK dan Blender 2.71. Sementara, untuk perangkat keras digunakan laptop dengan spesifikasi Processor Intel(R) Core(TM) i3-3217U CPU @ 1.80GHz, Memori RAM 4096 MB. Langkah ketiga saya merancang aplikasi menggunakan struktur navigasi dan diagram UML, langkah keempat adalah modelling objek menggunakan Blender dan dilanjutkan dengan pembuatan aplikasi menggunakan Unity. Langkah terakhir melakukan uji coba aplikasi pada beberapa smartphone Android.

Agar aplikasi pembelajaran mengenai organ tubuh yang telah saya buat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya pelajar saya akan mempromosikannya melalui jejaring sosial, blog, ataupun website. Selain itu saya juga akan mensosialisasikan aplikasi ini pada forum yang diikuti sejumlah besar para pelajar. Setelah itu dilakukan pengelolaan berkala sehingga konsumen/pengguna akan senang dengan update terbaru yang diberikan. Hal tersebut diharapkan semakin meningkatkan minat para pelajar untuk menggunakan aplikasi pembelajaran ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Berbelanja melalui Website E-commerce

Resensi Film Freaky Friday

Makalah Aspek Keuangan: Komponen Biaya/ Anggaran