Warna dan Karakteristiknya

Ada berbagai macam warna di bumi ini yang mengandung arti yang dalam secara visual dan memberikan efek psikologis kepada si pengguna. Dalam hal ini, sangat penting untuk dimengerti proses melihat warna untuk menghargai bagaimana semestinya warna tersebut ditampilkan. Tiap-tiap warna memliki arti khusus berdasarkan efek psikologis si pemakai warna.
Berikut adalah macam macam warna dan pengertiannya :

MERAH
Melambangkan kesan energi, kekuatan, hasrat, keberanian, simbol dari api, pencapaian tujuan, darah, resiko, ketenaran, cinta, perjuangan, perhatian, perang, bahayam kecepatan, panasm kekerasan. Warna ini dapat menyampaikan kecenderungan untuk menampilkan gambar dan teks secara lebih besar dan dekat. Earnam merah dapat mengganggu apabila digunakan pada ukuran yang besar, merah cocok untuk tema yng menunjukkan keberanian seseorang. Energi missal mobil, kendaraan bermotot, olahraga dan permainan.

PUTIH
Menunjukkan kedamaian, permohonan maaf, pencapaian diri, spritualitas, kedewaan, kesucian, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan, cahaya, tak bersalah, keamanan, persatuan. Warna putih sangat bagus untuk menampilkan atau menekankan warna lain serta memberi kesan kesederhaan dan keberihan.\

HITAM
Melambangkan perlindungan, pengusiran, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, kekayaan, ketakutan, kejahatan, ketidak bahagiaan, perasaan yang dalam, kesedihan, harga diri, anti kemapanan. Sangat tepat untuk menambahkan kesan misteri. Latar belakang warna hitam dapat menampilkan perspektif dan kedalaman. Sangat bagus untuk menampilkan karya seni atau fotografi karena membantu penekanan pada warna-warna lain.

BIRU
Memberikan kesan komunikasi, peruntungan yang baik, kebijakan, perlindungan inspirasi, spritualm tenangm kelembutan, dinamis, air, laut, kreativitas, cinta, kedamaian, kepercayaan, loyalitas, kepandaian, panutanm kekuatan dari dalam, kesedihanm kestabilan, kepercayaan diri kesadaranm pesan, ide, berbagi, idealism, persahabatan dan harmoni, kasih sayang. Warna ini memberi kesan tenang dan menekankan keinginan. Biru tidak meminta mata untuk memperhatikan. Obyek dan gambar biru ada dasarnya dapat menciptakan perasaan yang dingin dan tenang. Warna biru juga dapat menampilka kekuatan teknologim kebersihan, udara, air, dan kedalaman laut. Selain itu, jika digabungkan dengan warna merah dan kuning dapat memberikan kesan kepercayaan dan kesehatan.

HIJAU
Menunjukkan warna bumi, penyembuhan fisik, kelimpahan, keajaiban, tanaman dan pohon, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan. Dapat digunakan untuk relaksasi, menetralisir mata, menenangkan pikiran, merangsang kreatifitas.

KUNING
Merujuk pada matahari, ingatan, imajinasi logis, energy social, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatanm loyalitas           , tekanan mental, persepsi, pemahamanm kebijaksanaan, penghianatan, kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakutm aksi, idealism, optimism, imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidak pastian, resah, dan curiga. Warna kuning merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian. Sangat efektif digunakan pada blogsite yang menekankan pada perasaan bahagia dan kekanakan.

MERAH MUDA
Warna merah muda menunjukkan simbol kasih sayang dan cinta, persahabatan, feminine, kepercayaan, niat baik, pengobatan emosi, damai, perasaan yang halus, perasaan yang manis dan indah.

UNGU
Menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati arogan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau keajaiban, harga diri.

ORANGE
Menunjukkan kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, geraj cepat, sesuatu yang tumbuh, ketertarikan, independensi. Pada blog, dapat meningkatkan aktifitas mental. Disamping itu, warna orange memberi kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting.

COKLAT
menunjukkan persahabatan, kejadian yang khusus, bumi, pemikiran yang materialis, reliabilitas, kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras. Warna coklat sangat tidak menarik apabila digunakan ranpa tambahan gambar dan ornament tertentu. Coklat harus didukung ornament lain agar menarik.

ABU-ABU
Mencerminkan keamanan, kepandaian, tenang dan serius, kesederhanaan, kedewasaan, konservatif, praktis, kesedihan, bosan, professional, kualitas, diam, tenang.

EMAS
Mencerminkan prestis (kedudukan), keseharan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, pencarian dalam hati, kekuatan mistism ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi.




Referensi:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Berbelanja melalui Website E-commerce

Resensi Film Freaky Friday

Makalah Aspek Keuangan: Komponen Biaya/ Anggaran