Tugas 2 Pengantar Komputasi Modern

Judul Jurnal:
Comparison between Cloud Computing, Grid Computing, Cluster Computing and Virtualization

Link Jurnal:
https://www.researchgate.net/publication/271531358_Comparison_between_Cloud_Computing_Grid_Computing_Cluster_Computing_and_Virtualization

Abstraksi:
Technologies like cloud, grid and cluster computing have all aimed at allowing access to large amounts of computing power in a fully virtualized manner, by aggregating resources as well as offering a single system view. This paper includes the introduction, characteristics, advantages, disadvantages, benefits and drawbacks of Virtualization, Cloud, Grid and Cluster Computing. Further this paper contains comparison between cloud, cluster and grid computing, comparison between grid and cluster computing and at last covering comparison between cloud computing and virtualization as well as comparison between grid and cloud computing. The aim of this paper is to show importance and comparison between virtualization, cloud, grid and cluster computing.
Terjemahan:
Teknologi seperti komputasi awan, grid dan cluster memiliki semua tujuan untuk memungkinkan akses ke sejumlah besar daya komputasi dengan cara yang sepenuhnya tervirtualisasi, dengan menggabungkan sumber daya sekaligus menawarkan tampilan sistem tunggal. Makalah ini mencakup pengenalan, karakteristik, kelebihan, kekurangan, manfaat dan kelemahan Virtualisasi, Cloud, Grid dan Cluster Computing. Selanjutnya makalah ini berisi perbandingan antara komputasi awan, cluster dan grid, perbandingan antara komputasi grid dan cluster dan pada akhirnya mencakup antara komputasi awan dan virtualisasi serta antara grid dan komputasi awan. Tujuan makalah ini adalah untuk menunjukkan pentingnya dan perbandingan antara virtualisasi, cloud, grid dan komputasi cluster.

Isi Pembahasan Jurnal:
Jurnal tersebut membahas perbandingan antara komputasi awan (cloud computing), komputasi grid (grid computing), komputasi cluster (cluster computing), dan virtualisasi. Pada jurnal ini disebutkan bahwa komputasi awan adalah model komputasi dimana fungsionalitas fleksibel dan skalabel diberikan sebagai layanan yang mengarahkan pengguna menggunakan internet. Cloud computing ini merupakan paradigma komputasi modern yang menyediakan infrastruktur TI dan layanan penting yaitu infrstruktur sebagai layanan (Iaas), platform sebagai layanan (PaaS), perangkat lunak sebagai layanan (SaaS), dll. Model ini penting untuk memungkinkan akses jaringan on-demand yang mudah ditemui di sumber daya komputasi yang dapat dikonfigurasi seperti jaringan, server, penyimpanan, aplikasi, dan servis yang dapat disiapkan dengan cepat dan juga dilengkapi dengan upaya pengelolaan minimal.
Sementara komputasi grid telah terbukti menjadi hal penting yang berfokus pada pembagian sumber daya dan memberikan solusi terhadap kinerja dan juga masalah kapasitas untuk beberapa aplikasi. Dalam komputasi grid, pengguna individual memperoleh sumber daya komputasi seperti penyimpanan, aplikasi, data, prosesor, dll. Sesuai permintaan dengan pengetahuan terbatas tentang sumber daya berada. Fitur pengelolaan perangkat lunak grid memungkinkan penautan sumber daya komputer bersama-sama dengan cara yang memungkinkan seseorang menggunakan satu mesin tunggal. Tujuan dari komputasi grid adalah memungkinkan akses ke sumber daya berbasis komputer seperti dari siklus CPU ke server data dengan cara yang sama seperti utilitas dunia nyata.
Selain itu, terdapat komputasi Cluster yang membahas hasil terbaru di berbagai bidang yang mendukung High Performance Distributed Computing (HPDC). Cluster computing merupakan bidang yang berkembang untuk menghubungkan komputer komoditi yang tidak mahal serta membantu menemukan jawaban atas banyak masalah.  Cluster adalah jurnal aplikasi dan jaringan yang memiliki pemrosesan paralel komputasi terdistribusi. Cluster mudah didefinisikan sebagai teknik menghubungkan antara dua atau lebih komputer ke jaringan area lokal.
Virtualisasi adalah blok bangunan dalam infrastruktur komputer saat ini. Virtualisasi berarti membuat versi virtual sumber daya atau perangkat, seperti perangkat penyimpanan, server, jaringan, atau bahkan OS dimana kerangka kerja membagi sumber daya menjadi satu atau beberapa lingkungan eksekusi. Ganeti adalah sistem virtualisasi cluster animatif yang dikembangkan oleh Google dan juga digunakan oleh banyak organisasi di seluruh dunia. Ganeti sangat ringan, mudah dipasang dan juga dikelola, dan tidak menuntut perangkat keras penyimpanan khusus. Dengan menggunakan software virtualisasi (VMWare), memungkinkan untuk menjalankan satu atau banyak sistem operasi secara bersamaan di lingkungan yang terisolasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Berbelanja melalui Website E-commerce

Resensi Film Freaky Friday

Makalah Aspek Keuangan: Komponen Biaya/ Anggaran