Tugas 1 Pengantar Bisnis Informatika

1.   Definisi Umum Bisnis, TIK, dan Bisnis Informatika
A.   Definisi Bisnis
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Definisi Bisnis Menurut Para Ahli
1. Musselman dan Jackson (1992) mereka mengartikan bahwa bisnis adalah suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat,perusahaan yang diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.
2. Gloss,Steade dan Lowry (1996) mereka mengartikan bahwa bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standart serta kualitas hidup mereka.
3. Allan Afuah (2004) beliau mengartikan bahwa bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang di inginkan konsumen.

Berdasarkan dari beberapa pendapat para ahli atau pakar, saya mencoba mencoba menyimpulkan bahwa bisnis merupakan kegiatan yang dilakukan baik oleh individu maupun sekelompok orang dalam suatu organisasi untuk menciptakan nilai (value) melalui produksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta memperoleh keuntungan melalui transaksi atau jual beli.

B.   Definisi TIK
TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, dalam bahasa Inggris disebut Information and Communication Technologies atau biasa disingkat ICT. TIK mencakup 2 aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi memiliki arti yang sangat luas, mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan menjadi alat bantu, manipulasi, serta pengelolaan informasi. Adapun Teknologi Komunikasi berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses serta mentransfer data berasal dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya. Dengan itu, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antarmedia menggunakan teknologi tertentu.  
Dalam pengertian yang sempit TIK merupakan sesuatu yang mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat keras, dan lain-lain.
Pengertian TIK Menurut Para Ahli
1.    TIK Menurut Kamus Oxford( 1995) Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, Untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar .
2.    TIK Menurut Haag & Keen (1996) teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi serta melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
3.    TIK Menurut Lucas (2000) Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis.

C.   Definisi Bisnis Informatika
Di dalam Pengantar Bisnis Informatika terdapat dua kata yang memiliki dua arti yang saling berbeda yaitu Bisnis dan Informatika. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai definisi bisnis, dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan secara individu maupun kelompok orang yang menciptakan suatu nilai melalui penciptaan barang atau jasa demi memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Sementara, Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Secara umum, informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
Jadi, bisnis informatika adalah kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.
Contoh Bisnis Informatika
  • E-Commerce merupakan suatu usaha yang berkaitan dengan jual beli produk dengan menggunakan media online. Seperti yang sudah dikenal banyak orang saat ini yaitu OLX.com, amazon.com, dan lain-lain.
  • Smart Card yaitu contoh dari pengembangan teknologi informasi yang di implementasi ke dunia kesehatan. Prinsip dari Smart Card ini tidak jauh beda dari pemakaian kartu kredit (ATM) yang banyak digunakan di bank.
  • Jasa Warnet. Bisnis warnet juga termasuk dalam bisnis informatika karena secara tidak langsung bisnis ini dilakukan dengan bantuan media teknologi informasi.
  • Penyedia Jasa Berita dan infotainment online. Bisnis ini merupakan bisnis yang menyediakan jasa berita secara online. Dengan bantuan ini kita akan mendapat kan berita yang kita inginkan secara cepat dan tentunya up to date. Penyedia jasa ini seperti goal.com, detik.com, kapanlagi.com, dll.
  • IT consultant menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.
  • Infrastruktur Komputer adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.

2.   Contoh Perusahaan Bisnis Informatika

PT. Supra Primatama Nusantara (Biznet Networks) adalah operator telekomunikasi fixed-line dan operator multimedia di Indonesia yang memberikan layanan jaringan (network), layanan internet, pusat data, layanan hosting, cloud computing dan layanan tv berbayar. Biznet Networks didirikan pada tahun 2000 sebagai ISP (Internet Service Provider) dan berfokus kepada corporate / business market. Biznet memiliki dan mengoperasikan jaringan serat optik mutakhir dengan pusat data terbesar di Indonesia, dan juga telah menyediakan layanan premium dengan performa jaringan yang cepat dan handal.
Biznet ini menawarkan keseluruhan jasa layanan yang berhubungan dengan Internet sesuai dengan permintaan untuk jasa layanan Network, Internet, Hosting dan Voice. Biznet Networks sudah terkoneksi secara langsung ke beberapa Tier-1 backbone dan Internet Exchange terkemuka di dunia untuk memberikan kecepatan dan rute yang singkat ke network yang ditujukan. Biznet juga sudah melakukan perjanjian direct peering dengan beberapa leading content provider lainnya di dunia.
Menurut hasil pengamatan saya, Biznet merupakan perusahaan bisnis informatika dengan menyediakan jasa layanan internet yang bergerak dalam bidang infrastruktur komputer. Perusahaan menggunakan jaringan sendiri yang memiliki dan mengoperasikan jaringan Fiber Optic tercanggih dan data center terbesar di Indonesia. Kelebihannya adalah pada koneksi jaringan internetnya yang cepat dan stabil, oleh karena itu, banyak perusahaan seperti Citilink, Starbucks, PT.KAI, dll menggunakan jasa layanan Biznet ini. Perusahaan ini sudah menggunakan Fiber Optic sejak pertama perusahaan ini berdiri. Fiber optic sendiri merupakan akses data paling canggih sampai saat ini dan merupakan bahan yang tidak berkarat. Berbeda dengan bahan tembaga yang bisa berkarat. Sedangkan kekurangannya adalah pada cakupan areanya. Karena kabelnya ditarik langsung ke rumah / kantor, tidak memakai wireless. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan provider yang lain. Namun, harga sesuai dengan kualitasnya.

3.   Perkembangan Bisnis Informatika
Saat ini, perkembangan bisnis informatika di Indonesia sedang berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi informatika, contohnya warnet, jual-beli online (e-commerce), konsultan IT, Software house, infrastuktur komputer dan masih banyak lagi.
Pada era tahun 1970 sampai 80an orang orang yang bergerak di bisnis informatika hanya menjual hardware komputer dan software yang sangat terbatas seperti komputer yang hanya digunakan pada alat hitung dan membutuhkan hardware yang berukuran sangat besar. Namun, seiring dengan perkembangan zaman bisnis di bidang informatika tidak hanya mencakup itu saja. Sekarang ini sudah banyak berbagai jenis bisnis yang bisa dilakukan di bidang teknologi informatika.
Maraknya perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. Sebagai contoh, banyaknya e-commerce (jual beli barang di internet) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis informatika di indonesia.
Selain karena faktor pengguna, faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bisnis informatika adalah faktor modal. Berbisnis di bidang informatika dirasa tidak terlalu membutuhkan banyak modal. E-commerce dan software house merupakan bisnis di bidang informatika yang dipilih karena faktor ini. Cukup dengan membuat sebuah situs web yang mampu menarik perhatian konsumen, networking (sosialisasi) yang bagus, tentunya dengan otak yang memadai, dengan sendirinya konsumen akan berdatangan dan keuntungan pun dapat diperoleh.
Tidak hanya di Indonesia, bisnis informatika juga sedang berkembang di Negara-negara lainnya. Pemanfaatan teknologi informasi sangat memberi kemudahan dalam melakukan berbagai jenis bisnis sehingga masyarakat di setiap Negara pun akan memanfaatkan hal ini. Seiring dengan perkembangan pesat bisnis informatika di berbegai Negara, maka dilihat dari faktor – faktor diatas dapat disimpulkan bahwa saat ini bisnis informatika sedang berkembang pesat di seluruh dunia. Tidak bisa dipungkiri bahwa mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan terhubung dengan bidang informatika.



Sumber referensi:
http://toplintas.com/pengertian-bisnis-secara-umum/
http://www.etrade.id/2016/05/tik-teknologi-informasi-dan-komunikasi-adalah.html
http://fryunfirst.blogspot.co.id/2015/01/pengantar-bisnis-informatika.html
http://ulpiupie.blogspot.co.id/2011/11/bisnis-informatika.html
http://www.biznetnetworks.com/id/company/about-us/
http://nastasyia.blogspot.co.id/2015/10/profil-perusahaan-bisnis-informatika.html
http://alvifajrinti.blogspot.co.id/2015/10/pengantar-bisnis-informatika.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Berbelanja melalui Website E-commerce

Resensi Film Freaky Friday

Makalah Aspek Keuangan: Komponen Biaya/ Anggaran