Komputer dan Pendidikan



KOMPUTER & PENDIDIKAN

Komputer merupakan alat bantu manusia dalam melakukan segala hal, baik dalam membatu pekerjaan maupun dalam hal pendidikan. Dan komputer pun menjadi tidak bias di pisahkan lagi dalam kehidupan kita sehari-hari, karna dengan komputer memudahkan kita dalam melakukan suatu kegiatan.

·       Perkembangannya Dalam Dunia Pendidikan.
Pada awalnya komputer dititik beratkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya teknologi internet. Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Sebagai media tutorial, computer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tetapi interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan belajar mandiri yang masih rendah. Komputer sebagai alat uji memiliki keunggulan dalam keobyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkai tdengan moral dan etika. Yang terakhir, sebagai media alat peraga, komputer mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam pengembangannya.
Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaiman acara memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu dicoba adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment” yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selainitu program (software) aplikasi “Edutainment” tersebut mempunyai kemampuan menumbuh kembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak. Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta program berhitungdan software-software lain yang didukung perangkat multimedia.
Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download).
Untuk perkembangan pendidikan selanjutnya teknologi “Teleconference” (Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) dirasakan sudah pantas di coba dan dikembangkan, karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis.


·       Manfaatnya Dalam Dunia Pendidikan.

     Komputer dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membant umemudahkan dalam mempelajari matematika, bahasa inggris, dll. Dan dengan diadakannya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh. Bahkan sekarang banyak sekolah-sekolah maju yang mulai menerapkan pembelajaran jarak jauh yaitu menggunakan media internet jadi sebagai contohnya siswa tidak perlujauh-jauh pergi kesekolah tetapi hanya den ganfasilitas internet di rumahakan bias berhadapan langsung dengan gurunya. Internet sekarang juga sebagai kelas jarak jauh FKIP untuk penyetaraan guru-guru SD. Manfaat komputer di bidang pendidikan banyak sekali diantaranya :

1.    Sebagai Alat Presentasi.

     Dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapatdigunakan sebagai alat untuk      mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan siswa yang mempresentasikan hasil penelitian atau puntugas-tugas  mereka.



2.    Sebagai Pengganti Mesin Ketik.
    
     Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun Sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku ,namun disekitar akhir tahun Sembilan puluhan kiniposisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.


3.    Sebagai Alat Hitung.

     Di dalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka ,banyak sekali angkuntan yang menggunakan microsoft excel dalam menghitung baik jumlah , rata rata dan juga pembagian. Dan biasanya sering digunakan oleh para pengajar untuk mendata siswa ataupun nilai-nilai mereka.


4.    Sebagai Media Komunikasi dan Informasi.

     Internet adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dengan yang lain. Sehingga untuk berkomunikasi ataupun mencari informasi ataupun data menjadi lebih mudah. Sepertidengan adanya “Teleconference” (Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) yang memungkinkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa adanya tatap muka langsung. Dan dengan adanya banyaknya situs pencarian seperti “Google” memudahkan kita dalam mencari informasi ataupun data. Ditambah dengan munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.


5.    Sebagai Alat Managemen.

Dengan  adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi  sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.

Karna sebab-sebab itulah pendidikan tentang komputer itu sangat diperlukan dan harus mulai di ajarkan sejak dini, karna teknologi berkembang dengan sangat pesat. Tetapi dalam pemanfaatan teknologi ini memang harus dapat di control, karna bukan hannya ada efek positifnya saja tetapi pasti ada efek negatifnya.

Memang sangat di sayingkan hal yang sebaik ini digunakan untuk hal-hal yang tidak benar, padahal banyaksekali hal-hal yang lebih berguna dan bermanfaat yang bisa kita peroleh dari komputer . Dan ini membuktikan bahwa para pelajar belum bisa memanfaatkan dengan baik kemajuan teknologi ini.

·         Pengertian dan contoh Aplikasi .

Aplikasi pengajaran yang kalian ketahui dalam pendidikan ini antara lain :
a)      Aplikasi Non Pengajaran
1.         CAT (Computer Assisted Testing) .

Computer Assited Testing (CAT) ialah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar.
Maksud dan tujuannya antara lain :

-          Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.
-          Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional.
-          Menetapkan standar nilai.

2.         CAG (Computer Assisted Guidance).

Computer Assisted Guidance (CAG) ialah komputer yang digunakan sebagai pengarah untuk membantu pengguna dalam mengambil keputusan. Dalam hal ini mengarah kepada penggunaan komputer untuk mencari informasi melalui Interconnection Network (Internet).

Contoh :Penggunaan Internet.

3.         CMI (Computer Managed Instruction).
Computer Managed Intruction (CMI) merupakan penggunaan komputer dan perangkat lunak untuk melakukan kegiatan manajemen berupa mengatur dan mengelola proses pembelajaran. Fungsi CMI dapat mencakup sistem manajemen administrasi yang dirancang untuk melacak kinerja siswa dalam periode tertentu, memberikan informasi tentang tren kinerja menyimpan data individu dan sebagainya.                    
Contoh : perencanaan kuliah, belajar, ujian.

b)    Aplikasi Pengajaran.

1.        CAI (Computer Aided Instruction).

Computer Assisted/Aided Intruction (CAI) merupakan mode penyampaian materi pembelajaran yang berbasis sistem mikroprosessor/komputer yang pelajarannya dirancang dan deprogram ke dalam sistem tersebut. CAI dapat menampilkan pembelajaran, menggunakan berbagai jenis media (teks, gambar, audio, video).

A.    Jenis Aplikasi dari CAI :

-          Drill and Practice (Latihan dan Praktek).

Program CAI format drill and practice terdiri dari  serangkaian soal-soal latihan guna meningkatkan keterampilan dan kecepatan berfikir pada materi ajar tertentu, misalnya materi ajar yang terkait dengan matematika dan bahasa asing. Drill and Practice adalah CAI yang memiliki tipe repetitive (diulang-ulang) yang fungsi utamanya untuk melatih memori, cirri-ciri Drill and Practice adalah sebagai berikut:

a.       Perencanaan.
b.      Implementasi.
c.       Evaluasi.


-          Tutorial.

Motode tutorial adala suatu proses pengelolaan pembelajaran yang dilakukan melalui proses bimbingan yang diberikan/dilakukan oleh guru kepada siswa baik secara perorangan atau kelompok kecil siswa.

Model tutorial Computer Based Instruction (CBI) merupakan suatu program komputer yang pola dasarnya mengikuti pengajaran berprogram tipe bercabang dimana informasi atau pelajaran disajikan dalam unit-unit kecil, lalu disusul dengan pertanyaan, tahapan pembelajaran dengan bantuan komputer model tutorial adalah sebagai berikut:

a.       Pengenalan
b.      Penyajian informasi/materi
c.       Pertanyaan dan respon-respon jawaban
d.      Penilaian respon
e.       Pemberian balikan respon
f.       Pengulangan
g.      Segment pengaturan pelajaran


-          Simulation (Simulasi).

Simulasi memberikan kesempatan untuk menguji kemampuan pada aplikasi nyata dengan menciptakan situasi yang mengikutsertakan siswa-siswa untuk bertindak pada situasi tersebut. Simulasi dipergunakan untuk mengajar pengetahuan procedural seperti belajar bagaimana untuk menerbangkan pesawat atau mengumudikan mobil.




-          Instructional/ Educational Games

Model Intructional Games merupakan salah satu bentuk model dalam pembelajaran berbasis komputer, yang didesain untuk membangkitkan motivasi pada siswa sehingga dapat meningkatkan kemungkinan tersimpannya lebih lama konsep, pengetahuan ataupun keterampilan yang diharapkan mereka dapat memperoleh dari permainan tersebut.


           
B.     Contoh Sistem CAI.


-           PLATO.

Programmed Logic Automated Teaching Operations (PLATO) merupakan salah satu sistem instruksi berbantu komputer, pada sistem ini berbasis mainframe dari mikro komputer yang memiliki program dan kemampuan penyimpanaan yang lebih besar. Sistem PLATO munggunakan bahasa pemrograman khusus yang disebut TUTOR yang digunakan untuk membuat perangkat lunak pendidikan.


-          TICCIT.

Time-shared Interactive Computer Controlled Information Television (TICCIT ) sistem asli yang dibuat frame yang dihasilkan komputer, dikonversikan ke NTSC sinyal warna, yang pelanggan dapat berinteraksi dengan mereka ditelevisi set melalui telepon nada-sentuh.

C.     Metode Pengajaran Baru.

-          LOGO.

Logo adalah sebuah komputer bahasa pemrograman yang digunakan untuk pemrograman fungsional. Logo diciptakan pada tahun 1967 di Bolt, Beranek dan Newman (BBN), pada empat tahun pertama Logo, pengembangan penelitian dan pekerjaan mengajar dilakukan di BBN. Tujuannya adalah untuk menciptakan landasan matematika dimana anak-anak bisa bermain dengan kata-kata dan kalimat.




-          SMALLTALK-80.
Smalltalk adalah sebuah object-oriented, dynamically typed, reflektif bahasa pemrograman. Smalltalk diciptakan sebagai bahasa untuk mendukung dunia baru komputasi, dan awalnya Smalltalk awalnya direncanakan sebagai bahasa sederhana cocok untuk digunakan oleh anak tanpa pengetahuan sebelumnya tentang komputer.
           





Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Berbelanja melalui Website E-commerce

Resensi Film Freaky Friday

Makalah Aspek Keuangan: Komponen Biaya/ Anggaran